Jumat, 06 November 2020

Membuat Daftar Isi Otomatis dengan Mudah dan Cepat

 



Daftar isi adalah urutan dari konten yang ada di dalam sebuah buku, biasanya daftar isi dibuat untuk memudahkan pembaca mencari halaman mana yang akan dibaca. Sebuah kesulitan bila penulis buku menulis angkanya satu per satu hingga ratusan halaman, untungnya Microsoft Word telah menyediakan fitur yang memudahkan para pengguna untuk membuat daftar isi yang cepat dan tentunya otomatis. Berikut adalah cara membuat daftar isi otomatis yang dapat diperbarui hanya dengan dua klik saja.

  • Berikut adalah “BAB I” pada sebuah makalah yang belum tertata rapi, tidak memiliki halaman dan isinya pun belum tentu benar.


Pertama kali yang dilakukan adalah memilih tulisan yang menjadi bab dari konten yang akan dibahas, pada contoh ini yang dipilih ialah “BAB I” dan “Pendahuluan” dengan cara klik dan geser mouse hingga kedua tulisan tersebut terseleksi.

  • Langkah kedua, tekan “Heading 1”
Sehingga tulisan akan berubah. Tidak perlu khawatir tentunya karena tulisan ini bisa diubah font beserta ukurannya. Misalnya seperti ini.
Sebelum


Sesudah


  • Lalu, pilih tulisan yang menjadi sub-bab dari konten yang akan dibahas, misalnya pada contoh ini adalah tulisan “Latar Belakang”


Pilih “Heading 2” hingga tulisannya berubah. Tidak perlu khawatir karena tulisan ini bisa diubah font beserta ukurannya seperti sebelumnya


  • Lakukan hal yang sama pada bab dan sub-bab yang lain. Untuk membuat halaman menjadi lebih rapi, alangkah baiknya tidak menggunakan tombol “Enter” berulang kali untuk memperbarui bab, tetapi menggunakan Insert Blank Page atau Page Break.

Menggunakan “Enter” berulang kali untuk memberi jarak antar bab membuat bab satu dengan yang lain saling mendorong. Contohnya seperti ini.

 

Menggunakan Enter

Menggunakan Blank Page / Page Break

  • Setelah menyelesaikan isi dan mengatur heading, saatnya memberi header/footer. Daripada membuat dokumen baru untuk membedakan format angka romawi dengan angka biasa, lakukan cara ini agar tidak membuang waktu serta penyimpanan.

Antara halaman terakhir dengan angka romawi, misalnya pada contoh ini adalah halaman “Daftar Isi” dan “Bab I” dipisah Section-nya menggunakan Page Layout → Breaks → Next Page lalu lanjut dengan memberi header/footer.


Terlihat bahwa “Bab I” berada di Section kedua

 

  • Beri page number seperti biasanya dan pilih sesuai selera.


  • Untuk menghilangkan angka pada sampul buku, pastikan Different First Page dicentang.


  • Ubah format angka menjadi romawi dengan cara mengedit Format Page Number.



Sekarang, sebelum “Bab I” akan memiliki angka romawi.


  • Setelah itu edit Section 2 agar angkanya mulai dari nomor 1 dengan cara mengedit Format Page Number.


Sekarang “Bab I” menjadi halaman pertama dengan angka biasa


  • Akhirnya, sampai saatnya membuat daftar isi otomatis. Caranya cukup mudah, seperti yang dikatakan di awal, hanya membutuhkan dua kali klik. Pilih References Table of Contents, pilih sesuai selera. Sama seperti Heading, daftar isi ini bisa diganti font, ukuran, warna, sesuai yang diinginkan.



  • Semisal ada halaman yang salah, yang perlu dilakukan hanya menekan tulisan Update Table pada kiri atas daftar isi yang memiliki tanda seru, pilih Update page numbers only, lalu tekan OK. Daftar isi akan diperbarui secara otomatis.


Mudah bukan? Dengan ini pengerjaan tugas dan menulis buku menjadi cepat, tidak perlu khawatir adanya salah pada angka halaman. Masih banyak fitur Microsoft Word yang memudahkan penggunanya untuk menyelesaikan tulisan dengan cepat dan rapi. Selamat mencoba, selamat mengerjakan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar