Membuat daftar pustaka adalah hal yang sangat familiar di kalangan mahasiswa terutama untuk penugasan membuat makalah. Tentunya penulisan daftar pustaka harus urut sesuai abjad dan harus benar. Selain itu, dalam penugasan mahasiswa tidak sedikit adanya kutipan. Membuat kutipan dan daftar pustaka tidaklah sulit karena dalam Microsoft Word sudah terdapat fitur untuk membuatnya secara otomatis. Berikut adalah cara untuk membuat daftar pustaka di Microsoft Word.
1. Tekan REFERENCES pada
bagian atas layar.
2. Tekan Insert Citation, lalu Add New Source.
3. Pada kali ini, contoh kutipan berasal dari buku Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia karya Ajip Rosidi, maka opsinya seperti ini.
4. Setelah itu tekan OK dan muncul (Rosidi, 2013) sebagai
tanda bahwa kutipan tersebut berasal dari buku Ajip Rosidi.
5. Lakukan hal yang sama
untuk membuat kutipan yang lain, tetapi bila tidak diperlukan, maka tanda
kurung tersebut bisa dihapus dan tidak berpengaruh pada penulisan daftar
pustaka nantinya.
6. Setelah itu, untuk
membuat daftar pustaka kembali lagi pada REFERENCES
lalu tekan Bibliography dan
pilih yang sesuai keinginan.
7. Jadilah daftar pustaka
yang urut sesuai abjad.
8. Tentunya bisa diganti
warna dan jenis font-nya, serta diketik ulang sesuai peraturan yang ditetapkan
oleh dosen atau sesuai keinginan.
9. Bila ada kekurangan
daftar pustaka tidak perlu menghapus semua daftar pustakanya melainkan menambah
sitasi dengan cara nomor 1-4 lalu menekan Update
Citations and Bibliography.
Semoga tutorial singkat
ini membantu memudahkan dalam pengerjaan tugas dan mempercepat waktu sehingga
kalian bisa mengerjakan hal yang lain, selamat mengerjakan!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar