Minggu, 11 Oktober 2020

Cara Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word

    Membuat daftar pustaka adalah hal yang sangat familiar di kalangan mahasiswa terutama untuk penugasan membuat makalah. Tentunya penulisan daftar pustaka harus urut sesuai abjad dan harus benar. Selain itu, dalam penugasan mahasiswa tidak sedikit adanya kutipan. Membuat kutipan dan daftar pustaka tidaklah sulit karena dalam Microsoft Word sudah terdapat fitur untuk membuatnya secara otomatis. Berikut adalah cara untuk membuat daftar pustaka di Microsoft Word.

1.     Tekan REFERENCES pada bagian atas layar.



2.     Tekan Insert Citation, lalu Add New Source.



3.  Pada kali ini, contoh kutipan berasal dari buku Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia karya Ajip Rosidi, maka opsinya seperti ini.



4.  Setelah itu tekan OK dan muncul (Rosidi, 2013) sebagai tanda bahwa kutipan tersebut berasal dari buku Ajip Rosidi.



5.   Lakukan hal yang sama untuk membuat kutipan yang lain, tetapi bila tidak diperlukan, maka tanda kurung tersebut bisa dihapus dan tidak berpengaruh pada penulisan daftar pustaka nantinya.



6.  Setelah itu, untuk membuat daftar pustaka kembali lagi pada REFERENCES lalu tekan Bibliography dan pilih yang sesuai keinginan.



7.     Jadilah daftar pustaka yang urut sesuai abjad.



8.  Tentunya bisa diganti warna dan jenis font-nya, serta diketik ulang sesuai peraturan yang ditetapkan oleh dosen atau sesuai keinginan.



9.   Bila ada kekurangan daftar pustaka tidak perlu menghapus semua daftar pustakanya melainkan menambah sitasi dengan cara nomor 1-4 lalu menekan Update Citations and Bibliography.


 

Semoga tutorial singkat ini membantu memudahkan dalam pengerjaan tugas dan mempercepat waktu sehingga kalian bisa mengerjakan hal yang lain, selamat mengerjakan!

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar